Tips Mengatur Keungan Bisnis

Diposting oleh On Rabu, November 04, 2015

Tips Mengatur Keungan Bisnis

Mengatur keuangan usaha adalah urgen dalam dunia bisnis agar usaha tetap eksis. Tak ada pembisnis yang ingin bangkrut, namun begitu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar terhindar dari kebangkrutan.

1. Pembukuan
Pembukuan sangat penting untuk mengetahui sirkulasi uang masuk dan keluar, laba, utang dan juga piutang. Pisahkan keuangan pribadi dengan kekuangan perusahaan. dan yang terpenting adalah gunakan akuntan yang berkompeten membuat sistem pembukuan yang sederhana dan transparan. Dalam hal ini anda bisa menggunakan alat bantu berupa software akunting berbasis cloud, dengan demikian anda akan terbantu dari potensi kehilangan uang akibat pembukuan yang tidak terstruktur.

2. Anggaran
Membuat perencanaan anggaran sama dengan anda merencanakan kesuksesan bisnis anda. Buatlah dua bentuk anggaran, satu sebagai panduan tahunan dan satu lagi sebagai versi bulanan. Dengan membuat skala prioritas untuk pengeluaran dan juga penghematan, anda akan mampu menyimpan uang lebih untuk pengembangan bisnis anda.

3. Pengeluaran mendadak
Membeli sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan atau yang bukan bagian dari rencana bisnis anda adalah alasan utama mengapa dana anda habis sebelum akhir bulan. Tetaplah berpegang pada rencana awal untuk membeli keperluan sesuai alokasi dana setiap bulan.

4. Berkompetensi Pada Harga
Strategi harga yang tepat akan membantu bisnis anda bertahan. Jangan hanya fokus pada penawaran harga rendah guna menarik konsumen namun mengabaikan kualitas sehingga hal ini tak akan membuat bisnis anda bertahan lama.

Tips mengatur keuangan bisnis di atas adalah dasar, selanjutnya rencana apa yang akan anda tindak lanjuti untuk mempertahankan bisnis anda? Selamat berstrategi, salam sukses.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »