Bisnis Service Elektronik

Diposting oleh On Minggu, April 12, 2015

Bisnis service elektronik merupakan bisnis yang masih jarang dilirik orang, padahal dunia saat ini sudah sangat lekat dengan yang namanya elektronik seperti hp, tv, radio, komputer, laptop, note book, aiped, dan sebagainya. Hampir setiap orang disetiap rumah memilikinya. Ketika benda elektronik tersebutmengalami error atau kerusakan, sudah pasti orang pertama yang dicari adalah tukang service. Karenanya pelung bisnis service elektronik masih sangat terbuka lebar terutama bagi anda yang gemar dengan otak atik mesin, tak ada salahnya hobi anda salurkan untuk mencari penghasilan tambahan sebagai ahli service elektronik, disela aktifitas rutin anda sebagai pelajar atau karyawan. Jika anda tertarik, ada beberapa hal yang perlu anda siapkan untuk memuali bisnis service elektronik;

1. Lokasi

Dalam memulai bisnis service elektronik anda bisa memanfaatkan rumah sebagai kantornya. Dengan begitu anda bisa bekerja dirumah dan tiadak perlu menyewa ruang sehingga menghemat pengeluaran modal.

2. Modal

Modal utama tentu skill atau kemampuan dan pengetahuan tentang mesin elektronik. Anda bisa belajar pada orang yang sudah berpengalaman di dunia service elektronik. Atau jika usaha service anda telah berkembang, anda bisa mempekerjakan karyawan yang ahli dibidang tersebut, sedang anda cukup duduk sebagai pengawas dan kasir.

3. Promosi

Masalah promosi, anda bisa melakukannya secara offline dan online, yaitu dengan memasang banner didepan rumah “Ahli Service Elektronik”, dan dengan memberitahu tetangga, kerabat jauh, teman sekolah atau kuliah.  Beritahu juga teman-teman online di facebook, twetter, google plus dan sebagainya.

4. Strategi

Untuk mengembangkan usaha Service Center anda, tambahkan pula jual beli elektronik bekas dan baru, sehingga anda juga harus menyediakan toko mini sebagai tempat barang dagangan. Dan sebagai nilai plusnya, berikan garansi bagi pelanggan, baik yang service maupun yang membeli barang elektronik anda.

5. Omzet

Yang paling menyenangkan dalam dunia bisnis adalah menghitung omzet dan laba. Hal ini akan segera anda alami jika anda mau menekuni usaha yang satu ini. Katakan saja dalam seminggu anda menangani 20 barang elektronik, setiap ikonnya anda mengambil laba 50 ribu, maka dalam seminggu anda bisa mengantongi uang Rp.1.000.000. Itu baru satu minggu, bagaimana jika satu bulan, satu tahun dan seterusnya?!. Mari kita hitung bersama;
- Omzet 1 bulan 1.000.000 x 4 = Rp.4.000.000 (kayak gaji PNS, hehe)
- Omzet 1 tahun 4.000.000 x 12 = Rp.48.000.000 (bisa beli motor balap sekaligus biaya kawin)
- Omzet 3 tahun 48.000.000 x 3 = Rp.144.000.000 (bisa beli mobil)

Sangat mudah untuk menjadi jutawan hanya dengan menekuni dunia service elektronik. Omzet diatas belum termasuk laba penjualan elektronik di toko elektronik mini anda. Tak ada yang menghalangi anda untuk sukses dini. Mulai sekarang juga, sebelum di dahului tetangga anda. Salam sukses.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »