Motivasi Kerja - Niat, Aksi dan Sukses Dini

Diposting oleh On Minggu, Maret 22, 2015

Motivasi kerja harus anda miliki agar anda senantiasa energik dan melakukan segala sesuatunya dengan antusias. Biasanya hal tersebut muncul karena anda sangat mencintai pekerjaan anda, sehingga anda benar-benar bekerja dengan setulus hati tiada paksaan dari manapun. Untuk memunculkan motivasi kerja tersebut, ada beberapa hal yang harus anda tanamkan dalam diri anda;

1. Niat
Niat dengan sungguh ingin merubah kehidupan jadi lebih baik. 

2. Minat
Setelah anda menemukan pekerjaan yang anda senangi, tanamkan minat yang tinggi untuk menjalankan pekerjaan tersebut. 

3. Mampu
Pastikan bahwa diri anda mampu mengerjakan dan menyelesaikannya sesuai target. 

4. Memandang kedepan
Ketika anda mulai jenuh dengan aktivitas kerja sehari-hari, segeralah menengadah dan pejamkan mata. Bertanyalah dalam hati, apa sebenarnya tujuan anda. Jika tujuan anda adalah mengumpulkan uang demi kesuksesan di masa mendatang, maka tak ada lagi waktu untuk jenuh bekerja mencari uang. Karena kesempatan tak akan kembali. 

5. Menikmati
Nikmati pekerjaan anda. Banyak diluar sana yang mondar-mandir mencari pekerjaan, banyak diluar sana yang bekerja banting tulang namun penghasilan jauh dari cukup, banyak diluar sana yang iri dengan keberadaan anda saat ini. Karenanya syukuri dan nikmati pekerjaan yang tengah anda jalani.

6. Perluas pengetahuan
Perluas pengetahuan dengan bercermin pada pengalaman diri sendiri maupun orang lain, atau bisa juga dengan banyak membaca buku atau artikel yang sesuai dengan bidang yang anda tekuni saat ini. 

7. Totalitas dan Tuntas
Kerjakan semua pekerjaan anda dengan total (fokus) dan tuntas hingga usai (tidak setengah-setengah). 

Setelah anda terjun di dunia bisnis, mulailah peka dengan segala rintangan yang menghadang, salah satunya adalah persaingan. Pesaing adalah motivasi bisnis anda. Jarang para pelaku bisnis yang berfikir demikian. Kebanyakan dari mereka mengganggap pesaing bisnis adalah musuh utama. Padahal, tiada persaingan tiada tantangan.

Adanya persaingan bisnis sangatlah wajar, baik secara langsung maupun tidak langsung. Maka janganlah terlena dan melemah, mulailah mengamati berbagai produk yang beredar dipasaran, semakin hari produk yang ditawarkan semakin kreatif dan inovatif seiring persaingan pasar yang semakin ketat. Hal ini menunjukkan bahwa tidak selama persaingan bisnis menjatuhkan lawannya, justru memotivasi sebuah bisnis untuk berkembang lebih baik.

Bersaing dengan sehat akan meningkatkan kualitas kerja anda. Lebih baik punya lawan cerdas daripada punya teman bodoh. Seperti apa teman kita maka seperti itu pulalah diri kita, sedikit banyak kita akan terkontaminasi dengan pola pikir teman kita. Sedangkan musuh yang cerdas justru akan membuat diri anda berkembang dengan mempelajari trik cerdasnya. Karenanya jadikan pesaing sebagai motivasi bisnis, juga sebagai media meningkatkan kualitas bisnis anda, sehingga anda benar-benar sukses di tengah persaingan. 

Kunci utama agar anda sukses adalah diri anda sendiri. Seperti apa anda men-setting hati dan jiwa anda, maka seperti itulah ucapan dan tindakan anda. Jangan menyerah sebelum anda benar-benar mencoba dan rasakan nikmatnya termotivasi oleh diri sendiri. Tiada hari tanpa kerja, salam sukses.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »