Bisnis Srikaya – Dari Budidaya Hingga Untung Berjuta

Diposting oleh On Jumat, Maret 06, 2015


Bisnis Srikaya mulai dari budidaya hingga untung berjuta. Buah srikaya sendiri merupakan buah yang memiliki rasa istimewa sehingga banyak digemari berbagai kalangan. Namun karena minimnya petani srikaya menjadikan buah srikaya langka keberadaannya. Sehingga hanya pada musim tertentu dan wilayah tertentu serta orang tertentu saja yang bisa menikmatinya.

Dari sini bisnis srikaya merupakan agrobisnis dengan peluang usaha cemerlang yang omzetnya puluhan hingga ratusan juta. Sangat cocok bagi anda yang tinggal di desa yang notabene memiliki pekarangan luas. Kebanyakan orang desa yang memiliki pekarangan luas, membiarkan saja lahannya kosong ditumbuhi ilalang dan semak belukar. Padahal jika mau mengelola, tanah mati tersebut justru akan membawa anda menjadi jutawan. Salah satunya dengan menanaminya pohon srikaya.

Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan pekarangan atau halaman rumah sebagai kebun mini buah srikaya. Mula-mula anda harus mempersiapkan segala sesuatunya sebagai berikut;
1. Bibit srikaya
Bibit pohon srikaya bisa anda peroleh di penjual tanaman atau pasar tradisional atau bisa juga dengan mencangkok/stek dari pohon tetangga kalo ada.
2. Pupuk
Pupuk dibutuhkan agar tanaman senantiasa sehat sehingga dapat menghasilkan panen yang maksimal.
3. Pengairan
Untuk pengairan anda tak perlu risau, karena pohon serikaya tergolong tanaman bandel yang tahan kekeringan, sehingga tidak memerlukan banyak pengairan kecuali secukupnya saja.

Jika anda telah usai dengan persiapannya, bersabarlah menunggu masa panen. Harga jual buah srikaya tergolong tinggi, bisa mencapai Rp.30.000,00/kg, dan Rp.3.000,00/buah. Dalam setahun anda bisa panen 2 kali. Jika sekali panen menghasilkan 100 kg maka omzet/tahunnya tinggal menghitung saja;
- 150 kg x Rp.30.000 = Rp.4.500.000 (omzet sekali panen dalam masa 6 bulan)
- 300 kg x Rp.30.000 = Rp.9.000.000 (omzet 2 kali panen dalam masa 1 tahun)

Nominal yang lumayan dalam dunia agrobisnis yang tidak terlalu membutuhkan tenaga dan waktu dalam perawatannya. Pasalnya anda tidak perlu repot sebagaimana bertanam padi. Biarkan alam yang memprosesnya, sedang anda bisa tetap melaksanakan pekerjaan pokok anda dan melaksanakan rutinitas sebagaimana biasa. Bagaimana? Anda tertarik menekuni bisnis srikaya dari budidaya hingga untung berjuta, segera mulai sekarang juga sebelum didahului tetangga anda. Salam sukses.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »