Kisah Sukses - Sukses Karena Salah Beli Cat

Diposting oleh On Jumat, Januari 02, 2015

Sukses karena hal yang tak disengaja acap kali terjadi, seperti kisah sukses dari pengalaman Ratna Miranti dalam kisah sukses Pengrajin Botol Bekas. Botol bekas bagi kebanyakan orang adalah sampah, namun tidak bagi Ratna. Baginya botol bekas adalah uang. Pasalnya ia mampu mengubah barang itu menjadi amat bernilai.

Ratna memulai karirnya sejak tahun 2009, diawali dari sebuah kesalahan. Mulanya ia adalah pembatik yang cuti 2 tahun dari profesinya sebab membesarkan anak. Setelah itu ia berniat meneruskan usaha batiknya dengan membeli bahan baku cat untuk batik. Namun ia malah salah membeli cat untuk kaca. Karena sudah terlanjur dibeli dan sayang untuk dibuang, maka Ratna iseng membatik di botol dan gelas. Hal tersebut mendapat sambutan positif dari teman-temannya. Sejak saat itu ia mulai melayani pesanan. Saat itu bertepatan dengan Natal sehingga ia mulai banyak pesanan bernuansa natal. Pemasarannya saat itu masih dari mulut ke mulut, di blog dan sebatas ibu-ibu arisan.

Barulah pada tahun 2010, ia berkesempatan mengikuti pameran Inacraft di Jakarta. Disanalah kesempatan besar baginya untuk memperkenalkan produknya ke khalayak luas. Kemudian ia mendapat suntikan dana dari PT Permodalan Nasional Madani (PNM) sebesar Rp.50 juta untuk pengembangan usaha, membeli bahan baku (botol-botol bekas penjual jamu), dan cat khusus kaca (Ratna import cat dari Jerman melalui distributor langganannya).

Harga produk karyanya ia patok Rp.25.000 - Rp.2.500.000. Produknya ini banyak tersebar di Jakarta dan Bandung, bahkan beberapa telah masuk pasar internasional. Ketenarannya membuat ia kebanjiran pesanan hingga melukis interior rumah berbahan baku kaca, cermin, vas bunga, gelas, lampu, guci dan lain sebagainya. Saat ini omzet yang ia kantongi mencapai Rp.30 juta/bulan.

Andapun bisa menjadi Ratna berikutnya dengan belajar dari kisah sukses di atas, bahkan bisa jadi lebih sukses jika anda benar-benar menekuninya. Mulai sekarang juga, sebelum didahului tetangga anda. Salam bisnis, salam sukses.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »