Bisnis Toko Serba Ada (Toserba)

Diposting oleh On Kamis, Januari 01, 2015

Bisnis toko serba ada merupakan peluang bisnis sederhana, mudah dan mulai banyak peminatnya. Tidak setiap kebutuhan orang harus pergi ke pasar untuk mendapatkannya, apalagi kebutuhan dalam jumlah kecil seperti sabun mandi, sampo, garam, gula, pena, dan lain sebagainya. Sehingga keberadaan toko serba ada (toserba) sangat penting dilingkungan tempat tinggal.

Jika dilingkungan anda masih jarang toserba, maka ini adalah peluang bagi anda untuk mulai bisnis toserba dirumah anda. Konsep toserba sama dengan toko pada umumnya, anda kulak barang ke pasar, kemudian di jual kembali di toserba anda. Anda bisa memulainya di rumah tanpa harus menyewa ruang sebagai tempat usaha, sehingga memudahkan anda dalam menjalankan bisnis sambil mengurus rumah atau keluarga. 

Targetnya adalah orang-orang sekitar, orang lewat, bahkan orang jauh yang memang butuh dengan produk anda. Sehingga barang yang disediakan juga harus menyesuaikan kebutuhan mereka, seperti perlengkapan mandi, kebutuhan pangan, kebutuhan sekolah, perlengkapan rumah, dan sebagainya. Usahakan harganya bersaing (lebih murah) dibanding toserba lain agar konsumen lebih melirik toserba anda.

Berikut beberapa persiapan yang harus anda siapkan sebelum membuka toserba anda;
1. Ruang toko
Anda bisa memanfaatkan garasi atau teras rumah sebagai ruang toko, bangun sedemikian rupa sehingga menjadi ruangan yang nyaman, terang dan bersih, sehingga layak dijadikan tempat pamer produk.

2. Etalase
Beli atau pesanlah etalase sesuai kebutuhan (sesuaikan dengan luas ruangan dan banyaknya produk yang akan di taruh di dalamnya).

3. Modal (untuk kulak barang)
Sebagai pemula bisnis toserba, sebaiknya anda belajar banyak kepada mereka yang telah lama menjalankan bisnis tersebut. Termasuk masalah modal awal menjalankan toserba. Atau bisa juga anda kalkulasi sendiri barang apa saja yang akan di beli sekaligus rincian dananya.

4. Agen produk
Carilah agen yang tepat dalam artian baik pelayanannya, produk yang ditawarkan bukan produk lama, produknya berkualitas, dan harganya miring (ingat anda kulak produk untuk dijual kembali).

5. Promosi
Promosi adalah kunci sukses usaha anda. Pasanglah banner di depan toserba anda tanpa harus menutupi pandangan konsumen untuk dapat secara langsung melihat produk anda dari jarak jauh sekalipun.

6. Perhitungan laba
Laba toserba memang tak banyak, setiap produk anda bisa mengambil laba 500-1000 rupiah, tergantung jenis barang. Yang terpenting adalah toko anda laris diserbu konsumen karena harga jual anda lebih miring dibanding toserba lain. Dengan semakin banyaknya konsumen yang datang, maka laba yang hanya 500 rupiah per-produk bisa terkumpul banyak. Daripada anda mengejar banyak laba namun pembelinya sedikit dan barang lama lakunya, lebih baik laba sedikit namun laris dan barang cepat habis dan bisa segera kulak kembali, sehingga produk yang anda jajakan senantiasa baru, bukan produk yang sudah lama tidak laku.

7. Kalkulasi Dana
Modal keseluruhan kita hitung sebagai berikut;
- membangun toko 1 juta
- etalase 1 juta
- beli produk dagangan 4 juta
- Total modal awal = Rp.6.000.000,- (6 juta)

Jika dalam sehari laku 200 produk, dan laba tiap produknya Rp.500, maka;
- Rp.500 x 200 produk = Rp.100.000,- (laba / hari)
- Rp.100.000 x 30 hari = Rp.3.000.000,- (laba / bulan)
- Rp.3.000.000 x 2 bulan = Rp.6.000.000,- (laba 2 bulan)
- Dengan demikian modal 6 juta anda sudah bisa kembali hanya dalam 2 bulan.

Jika persiapan diatas telah usai, maka anda tinggal duduk manis menonton tv sambil menunggu pembeli datang menyodorkan uang kepada anda. Dan rasakan manisnya laba hanya dengan bisnis toserba dirumah. Selamat berbisnis, semoga sukses.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »