Bisnis Rental Pengetikan

Diposting oleh On Jumat, Januari 09, 2015

Bisnis rental pengetikan merupakan bisnis yang bergerak dibidang jasa. Seiring perkembangan teknologi, secara tidak langsung masyarakat dituntut untuk mengikuti perubahan tersebut, khususnya dibidang komputerisasi. Semakin mudahnya tehnologi tersebut didapatkan dan harga yang mulai memasyarakat, membuat setiap pekerjaan mulai berbasis komputer. Termasuk tugas-tugas sekolah, kuliah dan tugas kantor. 

Meski sudah mulai banyak yang memiliki fasilitas berupa komputer dan atau laptop, namun sering kali orang menginginkan hal yang praktis dalam menyelesaikan tugas-tugasnya yang berhubungan dengan komputer. Kebanyakan mereka lebih suka memanfaatkan jasa pengetikan karena berbagai alasan baik karena sibuk, lebih simpel, malas, ingin agar cepat selesai, atau bahkan ingin hasil print out yang rapi.

Melihat fenomena ini, maka peluang bisnis rental pengetikan sangatlah menjanjikan. Mengingat mereka yang membutuhkan jasa pengetikan sangatlah banyak sedangkan rental pengetikan yang tersedia masih minim. Katakan saja terdapat 1000 mahasiswa atau pelajar dalam satu lembaga. 200 diantaranya telah memiliki komputer / laptop dan print, 400 lainnya hanya memiliki komputer / laptop. Dan 400 sisanya tidak punya komputer/ laptop dan print. Jika di lingkup lembaga hanya tersedia 5 rental, tentu akan sangat kuwalahan melayani 400 orang yang tidak punya laptop/komputer dan print. Belum lagi 600 orang lainnya (yang telah memiliki komputer/laptop bahkan punya print) namun masih tetap butuh jasa rental karena berbagai alasan. Tentu keberadaan rental akan semakin dicari. Disinilah peluang besar bagi anda yang mau mengisi kekosongan.

Dalam memulai bisnis rental pengetikan, anda harus mempersiapkan beberapa hal berikut;
1. Menentukan Lokasi dan Ruang
Anda harus menembak lokasi yang strategis sebagai ruang bisnis rental anda, seperti di lingkup kampus, sekolah, atau area perkantoran, yang kebanyakan mereka membutuhkan jasa rental.

2. Peralatan
Peralatan yang dibutuhkan diantaranya adalah komputer, printer, scanner, meja komputer, kursi yang nyaman, alat tulis, dan kertas HVS untuk print. Agar lebih hemat modal, gunakan komputer second dengan kondisi baik. Sediakan setidaknya 3-5 komputer agar apabila banyak pesanan pengetikan anda bisa menambah pegawai untuk membantu, dan bisa juga untuk persediaan bagi pengunjung yang ingin mengetik sendiri karena tidak punya laptop/komputer atau punya tapi rusak.

3. Kemampuan Mengetik
Kemampuan mengetik adalah yang utama, jika anda tidak mampu, anda bisa mempekerjakan beberapa karyawan untuk melayani pengunjung, sedang anda duduk dikursi kasir sambil mengawasi usaha secara langsung.

4. Promosi
Anda bisa melakukan promosi dengan memasang banner di depan rental anda. Agar lebih menarik pengunjung, berikan fasilitas lebih misalnya sedia prin out foto, print warna, melayani pembuatan undangan, atau mematok harga lebih miring dibanding rental lainnya.

Jika anda telah siap dengan persiapan diatas, mulailah beraksi, menanti pengunjung, dan melayani pengunjung sepenuh hati dengan ramah dan senyum agar pengunjung tidak enggan untuk kembali ke rental anda. Selamat mencoba. Salam sukses.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »