Bisnis Boneka Modal Mini

Diposting oleh On Kamis, Januari 01, 2015

Bisnis boneka termasuk bisnis menengah yang tahan banting dan tidak terpengaruh adanya krisis global. Sehingga memproduksi aneka macam boneka lucu skala rumah tangga merupakan peluang usaha mejanjikan bagi anda.

Modal utama anda adalah skill dan pengetahuan tentang perkembangan trend mode boneka yang saat ini laris di pasaran. Untuk itu anda harus jeli melihat perubahan minat konsumen melalui media cetak seperti koran, majalah, maupun media massa lainnya seperti internet, radio, televisi, terutama film kartun yang sedang digemari dimasyarakat luas. Juga perhatikan perkembangan trend dunia boneka di luar negeri agar produk-produk yang anda ciptakan tidak ketinggalan dan uptodate serta laris dserbu konsumen.

Target pasar yang bisa anda bidik adalah anak-anak, remaja bahkan instansi-instansi besar yang membutuhkan boneka sebagai lambang atau slogan bagi perusahaan mereka. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang rela menyisihkan uang  untuk mengoleksi aneka macam boneka lucu yang mereka sukai. Sebagai permulaan, anda perlu menjalin kerjasama dengan supplier bahan baku yang memberikan penawaran harga lebih murah tanpa mengesampingkan kualitas bahan yang digunakan.

Carilah tenaga kerja yang benar-benar kreatif dan memiliki skill bagus dibidang desain boneka dan jahit-menjahit, karena nanti hubungannya dengan mesin jahit. Kontrol sesering mungkin kinerja karyawan untuk memastikan kualitas produksi benar-benar baik dan sesuai target. Karena bagaimanapun kesuksesan ada pada kendali anda untuk mengantisipasi persaingan pasar.

Sebagai pemula anda bisa memproduksi boneka skala kecil, misalnya 100 boneka, dan dikerjakan dirumah tanpa menyewa tempat, sehingga dapat menekan modal. Sedangkan harga penjualan disesuaikan dengan besar-kecilnya boneka dan tingkat kerumitan produksinya. Berikut kalkulasi omzet;
- Bahan untuk 100 boneka Rp.1.000.000,-
- Katakan harga 1 boneka Rp.50.000,-
- Jika laku 100 boneka maka omzetnya Rp.5.000.000,-

Laba yang anda dapatkan 5 kali lipat dari modal. Segeralah memulai bisnis produksi boneka, sebelum didahului tetangga anda. Karena untuk menjadi sukses itu sangat mudah jika anda pandai memanfaatkan peluang. Selamat berbisnis, semoga sukses.

Sedangkan untuk pemasaran, anda bisa mulai mengenalkan produk unggulan anda dengan mengikuti pameran UKM yang sering diselenggarakan instansi pemerintah maupun swasta. Selain itu anda juga bisa menitipkan produk boneka anda di toko-toko mainan, supermarket, toko aksesoris dan gift, serta toko-toko lainnya yang banyak dikunjungi anak-anak dan remaja putri. Untuk memperluas jangkauan pasar anda bisa memasang iklan di majalah, koran, internet marketing dan semacamnya.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »