Tips dan Strategi Bisnis Kuliner

Diposting oleh On Kamis, Desember 25, 2014



Bisnis kuliner tidak hanya membutuhkan modal dan kualitas produk semata, tetapi aspek pemasaran juga sangat dibutuhkan agar bisnisnya yang dijalankan dapat menghasilkan omset sesuai target. Dalam hal ini strategi yang tepat sangat dibutuhkan agar bisnis kuliner anda dapat terus eksis dan berjaya dibidangnya.

Berikut beberapa strategi bisnis kuliner yang bisa anda aplikasikan;
1. Membuat label nama
Dalam pembuatan label atau nama usaha sebaiknya gunakan nama semenarik mungkin dan mudah diingat serta sesuai dengan jenis bisnis yang anda tekuni tersebut. Misalnya, "Kedai Jamur" untuk bisnis kuliner dengan aneka masakan jamur, "Warung Steak" untuk usaha khusus steak, "Rumah Makan Padang untuk usaha khusus aneka masakan Padang", "Soto Madura Sedap" untuk usaha khusus menu soto resep madura, dan lain sebagainya. Nama usaha dapat anda pampang di depan lokasi usaha dengan menggunakan neon box ataupun x banner, agar konsumen tertarik untuk mampir ke tempat usaha anda.

2. Promosi
Perkenalkan produk makanan anda terutama pada masyarakat sekitar. Karena tanpa diminta, sedikit banyak mereka akan membantu promosi anda dari mulut ke mulut. Misalnya dengan membuat event open house usaha kuliner anda dengan menawarkan beberapa menu gratis dan mengundang masyarakat luas untuk datang. Atau bisa juga dengan mengambil karyawan lokal yang ada disekitar lokasi, dengan begitu anda telah promosi secara tidak langsung kepada kerabat, keluarga dan tetangganya.

3. Menarik konsumen dengan potongan harga
Berikan potongan harga pada event-event tertentu, misalnya saat ulang tahun usaha, atau perayaan hari besar. Atau sediakan paket keluarga dihari-hari libur, hari raya atau tahun baru. Anda dapat memnggunakan brosur, pamflet ataupun spanduk untuk mempromosikan harga yang ditawarkan.

4. Memperluas Jaringan
Mulailah dengan membangun jaringan usaha dengan rekan mapun kerabat yang bisa membantu anda mengembangkan bisnis. Mula-mula ajak mereka mencicipi sampel produk anda, jika mereka suka, pasti mereka mau diajak berkerjasama. Seumpama kerabat tersebut memiliki bisnis catering, ajak dia untuk menyediakan menu catering yang diambil dari bisnis anda, dengan begitu produk anda bisa laku dan dia juga laba. Jika rekan anda memiliki usaha periklanan, maka dapat menjalin kerjasama di bidang pemasaran melalui media. Begitu banyak peluang yang akan muncul, bila anda memiliki jaringan usaha yang cukup luas.

5. Inovatif pada menu yang ditawarkan
Agar konsumen tidak jenuh dengan menu anda, anda perlu mengadakan inovasi menu. Misalnya usaha mie, bisa dikembangkan menjadi mie ayam, mie keju, mie telur, mie, bakso, mie pedas, mie super pedas dan seterusnya. Dengan begitu konsumen akan merasa dimanjakan dengan variasi menu anda, sehingga tertarik untuk kembali berkunjung.

6. Meningkatkan kualitas
Selain kualitas rasa, kualitas pelayanan juga sangan penting untuk diperhatikan. Kebanyakan konsumen akan memilih warung atau kedai yang pelayanannya membuat mereka nyaman. Layani konsumen dengan baik, ramah, cepat, dan bersih, serta jangan lupa senyum.

Semoga strategi di atas dapat mengantarkan anda pada kesuksesan yang telak dan senantiasa eksis. Salam sukses.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »