Tips Bisnis Bagi Pelajar

Diposting oleh On Kamis, Desember 25, 2014

Bisnis bagi pelajar sama peluangnya dengan bisnis masyarakat pada umumnya. Tak ada batasan siapa yang boleh berbisnis dan siapa tidak boleh berbisnis. Termasuk pelajarpun boleh berbisnis asalkan tak mengesampingkan kewajibannya sebagai pelajar. Banyak peluang bisnis yang bisa meng-explor pasar pelajar. Namun sebelumnya kenali potensi diri terlebih dahulu agar mudah mendefinisikan pasar yang ingin anda masuki. Berikut hal-hal yang perlu disiapkan;

1. Modal
Seberapa besar modal yang anda miliki. Besar, sedang, kecil, atau bahkan tanpa modal. Hal ini akan memudahkan kita untuk menentukan jenis usaha yang akan dijalnkan.

Untuk pelajar lebih cocok jenis usaha yang bermodal kecil dan atau tanpa modal. Anda bisa memulai menjadi perantara atau pemasar produk orang, sehingga nda tidak perlu modal kecuali modal kepercayaan dua belah pihak. Pasarkanlah produk yang sesuai dengan kebutuhan pelajar pada umumnya, misalnya, alat tulis, aksesoris, snack/kue, parfum, dan produk-produk lain kebutuhan pelajar.

2. Hobi
kita menjalankan usaha untuk jangka panjang, bukan hanya sesaat. Karena itu pilih bisnis pelajar yang sesuai dengan hobi, karena ketika kita senang melakukan sesuatu maka kita akan semangat untuk terus mengembangkannya, dan tentu hasilnya akan maksimal.

3. Skill atau keahlian
Seringkali anda tidak sadar bahwa skill atau keahlian anda berpotensi besar untuk dijadikan peluang bisnis kedpannya. Misalnya, keahlian service elektronik, rental komputer dan lain-lain.

Kemudian kenali potensi pasar yang sesuai dengan potensi anda. Karena kita berbisnis didasari oleh adanya permintaan pasar. Pasar yang ada saat ini membutuhkan apa, apakah kita mampu memenuhinya, dan apakah hal tersebut mampu bertahan untuk jangka panjang kedepannya.

Setelah anda menentukan jenis bisnis yang akan ditekuni, maka langkah selajutnya adalah aksi. Karena tanpa aksi tentu tujuan anda tidak akan tercapai. Jangan lupa untuk senantiasa mengasah mental agar tetap bisa bertahan, tidak mudah putus asa, dan maju dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis anda. Mulai sekarang juga, sebelum orang lain mendahului anda.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »