Strategi Bisnis - Bila Kondisi Sedang Kritis

Diposting oleh On Jumat, Desember 26, 2014

Strategi bisnis untuk menghadapi kondisi krisis harus dirancang jauh hari. Tak ada bisnis yang berjalan mulus selalu, pasti ada saja kendala dan masalah yang menghambat jalannya usaha. Bila tidak siap dengan segala resiko yang mungkin muncul, maka bisa dipastikan bisnis anda yang akan jadi korban atau bahkan gulung tikar.

Kendala dan hambatan bisnis bisa muncul secara internal, misalnya krisis modal, pemasaran kurang efektif dan SDM yang kurang handal. Atau bisa juga muncul secara external, seperti keadaan sosial, ekonomi dan politik di negara tersebut. Inilah yang kerap kali dihadapi oleh para pembisnis sehingga usaha mereka berada di ujung tanduk kebangkrutan.

Perlu strategi untuk mengantisipasi atau bahkan menghadapi kondisi krisis di atas. Berikut beberapa strategi yang bisa anda aplikasikan demi menjaga ke-eksis-an usaha anda;

1. Jangan besar pasak daripada tiang. Tahan pengeluaran yang tidak perlu, misalnya relokasi atau rekontruksi ruang usaha, penambahan karyawan, pembelian seragam karyawan dan sebagainya. Fokuskan danan untuk kepentingan produksi agar perputaran uang bisa segera kembali normal.

2. Lakukan kreasi dan inovasi baru sesuai permintaan pasar guna menutupi kekurangan-kekurangan di masa lalu.

3. Mengevaluasi kinerja dengan turun tangan langsung dan memantau karyawan untuk mengetahui penyebab kegagalan, serta memotivasi karyawan untuk kembali bangkit dari keterpurukan.

4. Mencari mitra usaha untuk mendapatkan solusi dari permasalahan yang tengah dihadapi. Misalnya bekerja sama dengan investor yang mau memberikan bantuan modal, atau mencari mitra kerja untuk membantu pemasaran.

Jangan menyerah sebelum anda mencoba ke-4 strategi bisnis menghadapi kondisi krisis di atas, semoga anda tercerahkan dan kembali optimis membangun serta melakukan pembaharuan demi perbaikan menuju puncak kesuksesan yang sebenarnya ada di depan mata. Tak ada masalah tanpa solusi. Tetap semangat, dan salam sukses

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »