PELUANG BISNIS WARUNG LALAPAN LELE

Diposting oleh On Selasa, Desember 16, 2014

PELUANG BISNIS WARUNG LALAPAN LELE

Ikan lele banyak digemari oleh masyarakat luas karena harganya yang tergolong murah dan mudah di dapatkan. Ikan lele dapat diolah menjadi berbagai menu makanan, salah satunya adalah menu lalapan lele. Maka sangat cocok jika anda memulai bisnis lalapan lele.

Target Konsumen
Lalapan lele digemari seluruh kalangan, mulai dari ekonomi bawah, sedang hingga atas, masyarakat kota maupun desa. Terutama di daerah industri, dan atau universitas yang notabene suka menu makanan yang murah harganya namun enak rasanya.

Penyajian
Penyajian menu Lalapan lele adalah ikan lele yang digoreng lalu disajikan dengan sambal dan sayur lalapan. Adapun komposisi lalapan pada umumnya antara lain timun, kubis, kemangi, ada juga yang menambahkan kecang panjang. Sambalnya pun berfariasi, ada sambal tomat, sambal lombok ijo, sambal terasi, sambal pete, tergantung kesediaan penjual atau permintaan konsumen.

Patokan Harga
Harga yang ditawarkan untuk seporsi lalapan lele Rp.7.000,00. Untuk variasi menu seperti lalapan telur Rp.4.500,00 dan untuk lalapan ayam Rp.8.000,00. Harga bisa disesuaikan dengan target konsumen, jika targetnya menengah kebawah maka harga kurang lebih seperti yang telah disebutkan. Namun jika targetnya kalangan menengah ke atas maka harga bisa disesuaikan tentunya dengan menu lalapan lele yang istimewa pula.

Pemasaran
Tak ada usaha yang seketika ramai pelanggan dan sukses. Anda harus mempromosikan usaha lalapan lele anda, bisa dengan sepanduk bertuliskan nama usaha dan menu yang ditawarkan. Agar lebih menarik sertakan gambar menu, gambar lele dan atau ayam. Tonjolkan kualitas rasa yang lezat dan beda serta pelayanan yang cepat, bersih dan ramah demi kepuasan konsumen agar konsumen tidak enggan untuk kembali singgah diwarung anda atau bahkan justru turut mempromosikan menu anda kepada orang lain dari mulut ke mulut.

Kelebihan
Diantara kelebihan bisnis lalapan lele yaitu modal tidak terlalu besar, menunya diminati banyak kalangan dari dulu bahkan sampai zaman akan datang, permintaan pasar cenderung stabil bahkan tinggi, cara penyajiannya mudah dan sederhana manun menggugah selera.

Kekurangan
Persaingan bisnis kuliner lalapan lele terbilang ketat mengingat usaha ini cukup mudah dalam merintis dan banyak peminatnya, sehingga harus selalu berinovasi untuk mengembangkannya agar tak kalah saing.

Tips Sukses
Agar memenangkan persaingan pasar, salah satu cara yang paling utama adalah menjaga kualitas rasa masakan, termasuk kualitas lele, rasa dan gurihnya, serta sambal yang memiliki cita rasa lezat dan berbeda

Analisa Dana

Modal awal;
Bahan baku         Rp.   400.000,-
Gerobak tenda Rp.   600.000,-
Peralatan Rp.   500.000,-
Sewa tempat / bln Rp.   300.000,-
lain-lain Rp.     25.000,-  +
Jumlah Rp.1.825.000,-

Biaya operasional / hari;
Pembelian bahan baku Rp.250.000,-
Gas elpiji         Rp.  13.000,-
Lain-lain         Rp.  25.000,-  +
Jumlah         Rp.288.000,-

Pemasukan;
Omset / hari:
50 porsi x 7.000,- Rp.350.000,-
Laba bersih / hari Rp.  62.000,-
Laba bersih / bulan:
Rp.62.000x30 hari Rp.1.860.000,-

Analisa dana diatas tidak stagnan, bisa jadi lebih disesuaikan dengan naik turunnya harga bahan atau bahkan berkurang, misalnya jika anda membuka usaha tersebut dirumah atau pelataran rumah anda (jika memungkinkan karena lokasi rumah strategis), sehingga tidak perlu menyewa tempat. Selamat mencoba, semoga sukses.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »