Motivasi Bisnis di Tengah Persaingan

Diposting oleh On Jumat, Desember 26, 2014

Pesaing adalah motivasi bisnis anda. Jarang para pelaku bisnis yang berfikir demikian. Kebanyakan dari mereka mengganggap peasing bisnis adalah musuh utama. Padahal, tiada persaingan tiada tantangan.

Adanya persaingan bisnis sangatlah wajar, baik secra langsung maupun tidak langsung. Maka janganlah terlena dan melemah, mulailah mengamati berbagai produk yang beredar dipasaran, semakin hari produk yang ditawarkan semakin kreatif dan inovatif seiring persaingan pasar yang semakin ketat. Hal ini menunjukkan bahwa tidak selama persaingan bisnis menjatuhkan lawannya, justru memotivasi sebuah bisnis untuk berkembang lebih baik.

Berikut beberapa tips agar anda dapat tetap eksis ditengah persaingan yang semakin ketat;
1. Nikmati persaingan bisnis dengan optimis, dengan begitu akan muncul ide-ide baru yang kreatif dan inovatif di benak anda untuk mengembangkan usaha.

2. Persaingan bukan beban yang perlu diratapi sehingga anda lalai dengan pengembangan bisnis.

3. Jadikan persaingan sebagai motivasi untuk mengembangkan bisnis anda. Jangan pesimis, dan jangan hanya bertahan dalam satu kondisi ditengah persaingan yang semakin ketat. Karena hal itu hanya akan menghancurkan bisnis anda.

4. Lakukan evaluasi. Dengan adanya persaingan bisnis anda juga bisa mengevaluasi sejauh mana kualitas produk anda mampu bersaing dengan perusahaan lain. Lihat kelebihan produk pesaing sebagai bahan perencanaan kreasi dan inovasi produk anda kedepannya.

5. Terus optimis, terus berusaha, jangan takut gagal, dan jangan menyerah saat anda gagal. Semaik anda inovatif, semakin sulit pula pesaing meniru sepak terjang anda. Sehingga peluang besar bagi anda untuk eksis dan berkibar dipuncak persaingan.

6. Pesaing bukan musuh. Jangan anggap pesaing sebagai musuh. Bila perlu undang mereka untuk kerjasama atau sekedar berdiskusi dan bertukar informasi, serta mengatasi masalah bisnis bersama. Ini penting agar tak ada persaingan kotor di antara anda dan mereka. Dengan hadirnya pesaing bisnis tersebut, akan memberikan keuntungan satu sama lain jika anda dapat menyikapinya dengan positif.

Bersaing dengan sehat akan meningkatkan kualitas kerja anda. Lebih baik punya lawan cerdas daripada punya teman bodoh. Seperti apa teman kita maka seperti itu pulalah diri kita, sedikit banyak kita akan terkontaminasi dengan pola pikir teman kita. Sedangkan musuh yang cerdas justru akan membuat diri anda berkembang dengan mempelajari trik cerdasnya. Karenanya jadikan pesaing sebagai motivasi bisnis, juga sebagai media meningkatkan kualitas bisnis anda, sehingga anda benar-benar sukses di tengah persaingan.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »