Meningkatkan Motivasi Kerja

Diposting oleh On Jumat, Desember 26, 2014

Motivasi kerja harus anda miliki agar anda senantiasa energic dan melakukan segala sesuatunya dengan antusias dan senang hati. Biasanya hal tersebut muncul karena anda sangat mencintai pekerjaan anda, sehingga anda benar-benar bekerja dengan setulus hati tiada paksaan dari manapun. Untuk memunculkan motivasi kerja tersebut, ada beberapa hal yang harus anda tanamkan dalam diri anda;

1. Niat
Niat dengan sungguh ingin merubah kehidupan jadi lebih baik. Harus ada di hati anda. Niat memang tidak tampak dan tak terucap, namun sangat berpengaruh terhadap tindakan seseorang. Niat dalam hati untuk bekerja mencari penghidupan, otomatis perilaku anda akan tergerak untuk melaksanakan niat tersebut.

2. Minat
Setelah anda menemukan pekerjaan yang anda senangi, tanamkan minat yang tinggi untuk menjalankan pekerjaan tersebut. Di sana muncul perasaan senang karena anda dapat menjalankan pekerjaan sesuai dengan minat anda.

3. Mampu
Pastikan bahwa diri anda mampu mengerjakan dan menyelesaikannya sesuai target. Dengan begitu anda pasti merasakan kepuasan tersendiri ketika anda mampu dengan mudah menyelesaikan pekerjaan anda. Sehingga keesokan harinya akan muncul semangat baru untuk memulai pekerjaan lagi.

4. Memandang kedepan
Ketika anda mulai jenuh dengan aktivitas kerja sehari-hari, segeralah menengadah dan pejamkan mata. Bertanyalah dalam hati, apa sebenarnya tujuan anda. Jika tujuan anda adalah mengumpulkan uang demi kesuksesan di masa mendatang, maka tak ada lagi waktu untuk jenuh bekerja mencari uang. Karena kesempatan tak akan kembali, waktu terus berjalan, anda harus benar-benar sukses sesuai target dan waktu yang anda tentukan serta bisa menikmati pensiun buah dari kerja anda saat ini.

5. Menikmati
Nikmati pekerjaan anda. Banyak diluar sana yang mondar-mandir mencari pekerjaan, banyak diluar sana yang bekerja banting tulang namun penghasilan jauh dari cukup, vanyak diluar sana yang iri dengan keberadaan anda saat ini. Karenanya syukuri dan nikmati pekerjaan yang tengah anda jalani.

6. Perluas pengetahuan
Perluas pengetahuan dengan bercermin pada pengalaman diri sendiri maupun orang lain, atau bisa juga dengan banyak membaca buku atau artikel yang sesuai dengan bidang yang anda tekuni saat ini. Semakin banyak pengetahuan yang anda miliki, maka akam memudahkan anda untuk mengetahui kekurangan diri dan bisa dengan mudah memperbaiki sehingga anda dapat bekerja lebih baik dan lebih maju lagi.

7. Totalitas dan Tuntas
Kerjakan semua pekerjaan anda dengan total (fokus) dan tuntas hingga usai (tidak setengah-setengah). Biasakan mentarget perolehan peningkatan kerja tiap harinya. Ajak diri anda untuk disiplin dengan target tersebut, sehingga setiap pekerjaan senantiasa tuntas tiada ganjalan tiap harinya.

Kunci utama agar anda sukses adalah diri anda sendiri. Seperti apa anda men-setting hati dan jiwa anda, maka seperti itulah ucapan dan tindakan anda. Jika anda benar-benar ingin membangkitkan motivasi kerja dalam pribadi anda, maka anda harus benar-benar meresapi dan mengaplikasikan 7 tips diatas. Jangan menyerah sebelum anda benar-benar mencoba dan rasakan nikmatnya termotivasi oleh diri sendiri. Tiada hari tanpa kerja, salam sukses.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »