KEUNTUNGAN BISNIS CAMILAN KACANG

Diposting oleh On Kamis, Desember 18, 2014

Bisnis camilan terbilang cukup tahan banting di tengah persaingan pasar yang semakin ketat. Kebanyakan orang suka ngemil di sela-sela kegiatannya, sehingga hal ini mendatangkan keuntungan cukup besar bagi para pedagang maupun produsen camilan. Salah satunya seperti usaha camilan kacang yang permintaannya semakin hari semakin meningkat.

KEUNTUNGAN BISNIS CAMILAN KACANG

Berbagai jenis kacang dapat anda jajakan untuk konsumen. Seperti halnya Usaha mandiri Snack Azizi Ngawi Jawa Timur yang namanya tak asing lagi di telinga konsumennya. Home Industri ini menyediakan berbagai jenis snack termasuk camilan kacang, seperti kacang bawang, kacang kapri, kacang kapri tepung, kacang telor, kacang kedalai, kacang tolo, kacang kelinci, kacang koro, dan masih banyak lagi dengan aneka jenis, rasa dan ukurannya. Usaha yang dirintis oleh seorang pemuda di daerah Ngawi ini bermula sebagai home industri kecil yang menjual kacang dengan dititpkan ke warung-warung dan toko-toko. Hingga saat ini berkembang pesat seiring banyaknya pelanggan yang terus berdatangan dari kota lain, bahkan antar pulau di Indonesia untuk memesan dan atau mengorder baik untuk kosumsi sendiri maupun untuk dijual kembali. Tidak hanya itu saja Azizi Snack kini juga menyediakan camilan marning jagung dan makroni aneka rasa, seperti pedas, asin, pedas manis, dan berbique. Serta aneka jenis madu asli yang berasal dari Kalimantan yang diunduh dari berbagai jenis pohon.

Kembali ke bisnis kacang, anda terutama para pemuda pengangguran bingung cari kerjaan, bisa memulai bisnis tersebut dengan mudah dan modal kecil. Jika anda tidak ingin repot, cukup order bahan baku secara langsung ke Azizi Snack untuk kemudian anda jual kembali ke konsumen anda.

Target Pasar

Camilan kacang seringkali dijadikan sebagai hidangan praktis untuk menjamu tamu dan atau saat kumpul keluarga. Karena itu anda bisa membidik pangsa pasar yang cukup luas untuk mendatangkan keuntungan besar setiap bulannya.

Info Bisnis

Terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan  dari sekarang, diantaranya:
1. Mencari informasi pusat camilan kacang terlengkap di kota atau daerah anda.
2. Untuk mendapatkan harga khusus (diskon), ada baiknya bila anda membeli dalam jumlah banyak.

Kelebihan

Peluang pasar bisnis camilan kacang masih sangat luas dan menguntungkan. Bisa dijalankan dengan modal kecil dan permintaan pasar masih cukup tinggi sehingga perputaran modal relatif cepat.

Kekurangan
Pepatah mengatakan ada gula ada semut, demikian kiranya yang berlaku bagi bisnis camilan. Dimana ada peluang bisnis menguntungkan maka disitulah akan menjamur pesaing pasar, dalam hal ini bisnis camilan kacang. Maka anda harus terus berinovasi, memperluas jaringan, memperluas pasar dan selalu menjaga kualitas dagang.

Strategi Pemasaran
Untuk mengoptimalkan pemasaran produk, anda bisa mulai menggandeng orang-orang terdekat, keluarga, tetangga, rekan untuk  menjadi agen maupun reseller produk kacang anda. Dengan begitu akan semakin besar peluang dalam promosi dan pemasaran.

Untuk menjangkau pasar yang lebih luas anda bisa bekerjasama dengan beberapa toko swalayan, supermarket, toko oleh-oleh, dan restoran serta cafe untuk menitipkan aneka jenis camilan kacang anda. Dan yang terpenting lengkapi produk anda dengan label menarik dan sertifikat halal MUI, izin persmi BPOM maupun PIRT dari dinas kesehatan setempat untuk unit usaha kecil.

Analisa Modal

Peralatan;
Timbangan Rp.   500.000,-
Toples Rp.1.000.000,-
Sealer Rp.   200.000,-
Kalkulator Rp.   100.000,- +
Total Rp.1.800.000,-

Biaya operasional;
Aneka camilan kacang                 Rp.1.500.000,-
Kemasan plastik dan label         Rp.   500.000,-
Listrik dan telepon                 Rp.   300.000,-
Biaya transportasi dan promosi Rp.   750.000,-
Biaya penyusutan peralatan         Rp.     75.000,- +
Total                         Rp.3.125.000,-

Rata-rata pendapatan / hari Rp.   150.000,- 
Omzet / bulan                 Rp.4.500.000,-
Laba bersih / bulan
4.500.000 - 3.125.000 Rp.1.375.000,-

Kembali Modal;
Modal awal : laba bersih/bulan = 1,3 bulan

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »