Bisnis Ternak Ayam Rumahan

Diposting oleh On Jumat, Desember 26, 2014

Mental Anak Remaja jadi pengusaha harus segera di tanamkan untuk menghilangkan image seakan ngomongin bisnis itu identik dengan pola pikir orang dewasa saja . Tak ada salahnya jika usia remaja setingkat smp,sma sudah mulai mengenal peluang bisnis . Agar kelak tidak jadi pengangguran dan juga tidak jadi manusia yang hanya menggantungkan gelar pendidikan . Tapi usahakan , kegiatan usaha ini di buat ringan agar tidak mengganggu kegiatan pendidikan yang sedang di jalankan . Salah satunya adalah ternak ayam .

Banyak sekali jenis ayam yang bisa di budidayakan , di antaranya : 1. Ayam kampung 2. Ayam Petelur 3. Ayam bangkok 4. Ayam ketawa 5. Ayam cemani 6. Ayam pelung 7. Ayam KT  Dan masih banyak lagi jenis ayam yang jika di budayakan bisa menghasilkan penghasilan yang lumayan . Tapi semua itu harus di jalani penuh ketekunan di samping juga harus di tunjang keuangan serta kemauan . Bagaimana cara membudidayakan ayam sekaligus menjadikan sumber penghasilan ? Stop berfikir tentang panduan ternak ayam dengan menejeman kandang berharga jutaan , fasilitas mahal dengan modal yang cukup besar . Mari kita mulai dari hal kecil yang sederhana dan bisa di jalani siapa saja . 1. Buat kandang yang sekiranya cukup untuk dua ekor ayam , jantan dan betina . 2. Beli sepasang ayam , sesuai selera , ayam kampung,ayam hias atau ayam ketawa . 3. Rawat ayam tadi agar tumbuh sehat dan bisa berkembang. Jaga kesehatanya dengan memberi pakan dll. Sampai titik ini , jika sudah di jalankan dengan baik , maka seiring waktu berjalan ternak ayam kita bisa mulai di lihat perkembanganya . Jangan tergesa-gesa , semua butuh waktu . di sinilah ujian kesabaran di butuhkan .  Kalkulasi Laba Ternak Ayam : 1. Harga sepasang ayam kampung : Rp.150.000 2. Harga Pakan : Rp.20.000/Sebulan . 3. Harga Jual ayam usia 3 bulan : Rp.30.000/Ekor . Cara kerja ternak ayam :
Sepasang ayam , biasanya bertelur dan mengerami butuh waktu sekitar 35 hari . Rata-rata telur berjumlah 12 butir . Menetas 7-9 . Hidup hingga dewasa sekitar 3-5 ekor . Berarti dalam waktu 3 bulan kita sudah untung 3 ekor ayam yang siap di jual . Sementara menunggu ayam dewasa, biasanya ayam induk pertama sudah mulai bertelur lagi . Maka kita tinggal ngatur saja sirkulasinya .

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »