Bisnis Sambil Kuliah

Diposting oleh On Minggu, Desember 28, 2014


Kuliah sambil Bisnis mengganggu efektifitas belajar? Hanya bagi mereka yang tidak inovatif dan tidak kreatif mengatur waktu. Angka pengangguran sarjana Indonesia sampai hari ini kian bertambah. Salah satu penyebabnya adalah angan muluk para mahasiswa itu sendiri. kebanyakan dari mereka menempuh gelar sarjana untuk mendapatkan pekerjaan sebagai PNS, memperoleh posisi tinggi sebagai tenaga profesional dalam suatu perusahaan dan semacamnya. Sungguh mindset yang keliru. Menuntut ilmu adalah untuk menambah wawasan bukan satu-satunya jalan mencari keperjaan. Ketika lulusan sarjana tersebut hanya mengandalkan ijazah untuk mencari kerja, tanpa adanya skill dan dan keahlian di bidang yang dituju, maka ijazah itu akan sia-sia saja. Karena disana ada interview yang akan menentukan kelayakan anda untuk diterima atau tidak. Karenanya untuk mengantisipasi hal tersebut, maka jauh hari para mahasiswa harus mulai melatih diri untuk mandiri tanpa mengandalkan ijazah semata.

Melihat fenomena di atas maka menjadi interpreneur muda adalah pilihan yang sangat tepat, masalah nanti kita dibutuhkan suatu perusahaan sebagai tenaga ahli, atau bahkan diangkat sebagai PNS, yang terpenting kita sudah pernah sukses dini sebagai bisnis man yang mandiri, kreatif dan inovatif. Untuk memulai bisnis bagi para mahasiswa, terdapat beberapa hal yang perlu disiapkan;

1. Membangun mental
Mental interpreneur perlu dipupuk, meski anda masih dalam status mahasiswa. Jangan minder dan jangan takut untuk memulai usaha. Pada dasarnya semua bidang bisa anda pelajari dari nol. Mulailah memperkaya ilmu dan skill melalui buku, majalah bisnis, mengikuti mata kuliah maupun club kewirausahaan di kampus, mengikuti seminar dan pelatihan bisnis, serta memperluas networking dengan bergaul di lingkungan para pengusaha muda.

2. Menentukan bisnis sesuai modal
Setelah mengumpulkan modal, mulailah menentukan jenis bisnis yang akan digeluti. Tentunya sesuaikan dengan kemampuan dan kapasitas diri sebagai mahasiswa. Syukur jika usaha tersebut sesuai dengan hobi anda, Karena dengan begitu anda akan lebih bisa menikmati dan semangat melakukan bisnis. Modal tak harus berupa finansial, bisa berupa skill, hobi, dan waktu luang (tanpa mengganggu kegiatan kuliah). Misalnya membuka les prifat, bisnis pulsa, counter berjalan, kerajinan bros / aksesoris, jasa pengetikan, jasa pembuatan website dan lain sebagainya.

3. Membagi waktu
Bagi waktu antara kuliah dan bisnis dengan sebaik-baiknya. Disiplinlah dengan pembagian waktu yang anda buat agar keduanya sama-sama berjalan tanpa mengorbankan satu sama lain. Bukan hal sulit untuk membagi waktu, ingatlah anda memiliki waktu 24 jam sehari, silahkan membaginya sesuai target.

4. Promosi
Mulailah mempromosikan bisnis anda kepada teman kuliah, teman kost, dosen, saudara, keluarga, dan tetangga, serta melalui media online (blog, fb, twitter, google plus, dll).

5. Action
Setelah anda usai dengan segala persiapannya, mulailah kuliah sambil bisnis, maka sambil kulaih dapat penghasilan.

So, tak perlu menunda kesuksesan hingga ijazah keluar. Sekarang juga anda bisa berwirausaha, dan sekarang juga anda bisa memperoleh penghasilan. Selamat berbisnis, salam sukses mahasiswa.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »