Bisnis Jamur Tiram Metode Simple

Diposting oleh On Rabu, Desember 31, 2014

Bisnis jamur tiram merupakan salah satu agrobisnis yang mulai banyak peminatnya. Namun permintaan pasar yang terus meningkat, menjadikan pelaku bisnis jamur tiram kuwalahan hingga kehabisan stok. Maka ini peluang besar bagi anda yang mau mengisi kekosongan stok tersebut untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin meluas hingga ke luar negeri.

Sebagai permulaan, anda tak perlu repot budidaya bibit seperti diatas, terlalu rumit bagi pelaku bisnis jamur yang masih pemula. Anda bisa langsung membeli polibag jamur tiram siap panen, yang didalamnya sudah terdapat bibitnya.

Buatlah ruangan bersuhu lembab sebagai lokasi budidaya jamur. Susun polibag di rak-rak kayu dengan rapi. Semprot ruangan tiap pagi dan sore agar senantiasa lembab. Masalah kapan anda bisa panen jangan khawatir. Jamur tiram sangat cepat pertumbuhannya, sehingga anda tak perlu menunggu hingga berhari-hari bahkan berminggu atau berbulan untuk bisa segera mengantongi omzet hasil penjualan.

Hati-hati saat memanen jamur. Potong pangkal tangkainya dengan benar secara bergerombol untuk menarik selera calon pembeli, sebelum kemudian ditimbang dan di- packing untuk dijual.

Anda bisa menjualnya ke tukang sayur untuk kemudian mereka jual kembali. Bisa juga melayani pesanan, atau bahkan expor ke luar negeri. Dalam hal ini strategi promosi sangat mempengaruhi. Agar bisnis anda sukses, anda harus melakukan promosi baik secara offline maupun online. Secara ofline misalnya promosi dari mulut ke mulut, dan memasang banner di depan rumah. Sedangnkan secara online yaitu anda memasarkan jamur tiram melalui website (toko online) maupun melalui sosial media seperti facebook, twitter dan google plus.

Mari kita kalkulasi omzet penjualan jamur tiram;
1 kg jamur = Rp.20.000
Jika laku 10 kg / hari = Rp.2.000.000 (omzet per-hari)
Maka omzet per-bulan bisa mencapai Rp.60.000.000

Dengan demikian maka menjadi jutawan dengan hanya bisnis jamur tiram adalah sangat mungkin, dan mudah sekali. Kunci semua ini ada pada strategi promosi. Promosikan usaha jamur tiram anda baik secara offline (dari mulut ke mulut), maupun online (jual jamur secara online) untuk menggapai pangsa pasar tingkat nasional hingga internasional. Dengan demikian maka bisnis jamur anda akan diketahui juga oleh orang luar negeri, sehingga kesempatan untuk expor jamur hingga manca negara semakin besar. Selamat berbisnis, semoga sukses.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »