Bisnis Burung Merpati Hias Dan Kicauan

Diposting oleh On Jumat, Desember 26, 2014

Salah satu peluang usaha yang bisa di kerjakan di rumah saja yaitu ternak burung hias atau burung kicauan dan burung hias . peluang bisnis ini masih besar , karena semakin banyaknya komunitas penggemar burung juga banyaknya perlombaan atau sekedar orang yang sekedar ikut-ikutan untuk hiburan .

Bisnis Burung Merpati Hias Dan Kicauan
Buat yang sudah terbiasa dengan dunia burung , bisnis burung bukanlah hal yang aneh . Tapi bagi yang belum pernah tentu masih banyak pertanyaan dalam benaknya , bagaimana cara budidaya burung , padahal burung yang ada harganya rata-rata burung yang terkesan sulit untuk di budidayakan ?

Sebelum memulai , harus di tanamkan dalam pribadi seorang yang akan menekuni ternak burung .
1. Segala burung itu bisa di budidayakan,di perbanyak,di ternak selama ada jenis pejantan dan betina .
2. Cara perawatan yang baik akan menghasilkan ternak yang baik .
3. Pasar itu selalu ada , banyak orang hidup di dunia ini semakin hari semakin bertambah.
4. Harga bisa di hitung selama kita mau memberikan penjelasan yang lugas dan jelas , yang pasti namanya untung/laba itu adalah nilai lebih dari modal .
5. Ketekunan harus di utamakan .

Jika lima poin di atas sudah ada di diri kita , kini saatnya kita memulai dari bisnis burung dengan modal kecil dan mudah cara merawatnya ? berikut ini contoh ternak burung yang bisa di lakukan oleh siapapun dengan mudah , modal murah hasilnya melimpah .
Budidaya Merpati Hias ;
1. Anggaran kandang = Rp. 2.000.000
2. Anggaran Induk merpati = Rp. 100.000/ Pasang x 20 Pasang = Rp.2.000.000
3. Anggaran Pakan = Rp.1.000.000 .
Total Modal = Rp.5.000.000

Kalkulasi Modal dan keuntungan :
Modal pertama :  Rp.5.000.000
Kalkulasi Keuntungan : Merpati biasanya bertelur selama 35 hari sekali , setiap pasang merpati mampu menganakan dua ekor / spasang. Jika 20 pasang tadi bertelur semua maka , dalam waktu 35 hari kita sudah memiliki 20 ekor pasang induk dan 20 ekor pasang anakan . Jumlah Total 40 Ekor .
Umur Merpati Layak Jual , biasanya mulai dari umur 3 bulan dan sementara menunggu anakan pernak menginjak dewasa , induk sudah mulai membuahkan dua angkatan anakan lagi . Jadi total anakan sudah mencapai 60 pasang , mulai yang dewasa,sedang sampai terkecil . Jika kita menjualnya 6 bulan kedepan semenjak hari pertama , maka total merpati kita bisa mencapai 120 pasang . Belum lagi jika anakan tadi beranak lagi .  Dari segi jumlah merpatinya kita sudah bisa melihat keuntunganya , sekarang kita tinggal menghitunga harga perekornya plus laba yang kita dapat setiap bulanya . Jika kita setiap bulan menjual 20 pasang merpati dengan harga Rp.100.000 / Pasang Maka pendapatan kita / bulan sekitar 20 x Rp.100.000 = Rp.2.000.000 .

Lumayan , di samping merpati memiliki keindahan tersendiri untuk hiburan , juga  bisa mendapatkan uang . Selain sekedar menjual burung merpati saja , kita juga bisa menjual merpati yang punya ketrampilan khusus , seperti merpati balap, merpati andukan, merpati jambul dll , di mana harganya tentu lebih mahal .
Kembali kepada topik peluang usaha Ternak burung , ternak merpati di atas hanyalah sebagai contoh saja , bisa di kembangkan ke model ternak burung lainya , seperti perkutu,bio,kenari,kacer,prenjak dll.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »